Digital Marketing, Jenis-Jenisnya dan Strategi Marketing



Kalian pasti sering dengar yang Namanya Digital Marketing? Pada dasarnya, Digital Marketing merupakan cara baru untuk mempromosikan suatu barang ataupun produk dari perusahaan.dengan berbasis internet dan media sosial seperti youtube, Instagram, Tiktok ataupun semacamnya. Kalian pasti sering melihat iklan di youtube, tiktok atau Televisi?, atau bahkan kalian pernah melihat artis-artis kesayangan kalian menjadi BA(Brand Ambasador) dari sebuah produk perusahaan? Selain itu, tujuan utama dari Digital Marketing adalah penggunaan teknologi yang merata pada suatu tempat, dan semua orang dapat menggunakan teknologi jaman sekarang.

1. SEO

SEO atau kepanjangannya adalah search engine optimization merupakan upaya untuk mengoptimalisasi sebuah website agar menjadi daging teratas di dalam sebuah pencarian Google atau yang lainnya

2.search engine marketing (SEM)

adalah sebuah bentuk pemasaran di internet dengan cara melalui kegiatan promosi website untuk meningkatkan visibilitas website di halaman dari hasil-hasil mesin pencari semacam Google,Yahoo,Bing.cara kerja SEM

adalah dengan cara mendorong lebih banyak traffic ke area khusus di dalam sebuah website yang ingin dijadikan target

3.pay-per-Click(PPC)

sebuah model iklan online di mana pengiklanannya membayar penerbit setiap kali tautan iklan itu diklik

4.Social Media Marketing(SMM)

pemasaran media sosial adalah sebuah jenis makanan digital yang prosesnya menggunakan sebuah proses platform digital seperti jaring sosial,blog dan juga situs web.

Contoh Strategi Pemasaran

Setelah melakukan analisis tentang strategi pemasaran, kita juga harus tau contoh-contoh dari strategi pemasaran. Berikut adalah contoh dari strategi pemasaran yaitu:

1.Partnership

Partnership suatu marketing mempunyai suatu sejumlah keuntungan yaitu kalian dapat berkolaborasi dengan pihak yang lain dengan bidang yang berbeda.

2.berkerja sama dengan influencer

Jangan pernah menggangap remeh suatu influencer. Mereka akan memberikan suatu pengaruh yang amat besar untuk produk atau brand yang kita kontrak mempromosikan produk-produk kita.

3.Menjaga Client/pelanggan Lama.

Nah, ini juga salah satu hal penting untuk strategi pemasaran. Semaksimal mungkin kalian dapat memanjakan pelanggan lama dengan memberikan pelayanan yang baik dan lebih. Mereka juga akan melakukan promosi kepada orang-orang terdekat mereka karena mendapatkan pelayanan yang baik dan memancing pelanggan lain datang untuk membeli produk kita.

Konsep-konsep suatu strategi pemasaran:

1.Segmentasi Pasar

Semua konsumen pasti mempunyai suatu kebutuhan atau kebiasaan yang berbeda-beda antara lain. Perusahaan juga harus melakukan penjelasan pasar yang bersifat lebih kearah heterogeny yang menjadi satu kesatuan yang Bersatu menjadi sifat homogen.

2.Market Position

Pasti tidak mungkin ada perusahaan yang bisa menguasai seluruh pemasaran.itulah menjadi suatu alasan mengapa sebuah perusahaan harus mempunyai pola yang spesifik agar dapat posisi yang kuat di dakam pasar, yaitu segmen yang harus paling mengguntungkan untuk sebuah perusahaan.

3. Market Entry Strategy

Ini adalah suatu strategi perusahaan agar dapat masuk pada suatu segmen-segmen pasar tertentu. Beberapa cara-cara yang sudah banyak dilakukan adalah membeli suatu saham perusahaan lain, Internal Development, Kerja sama antara perusahaan sendiri dan Perusahaan Lain

4.Marketing Mix Strategy

Mix Marketing adalah suatu perkumpulan dari beberapa cabang variable yang sudah digunakan untuk mempengaruhi suatu tanggapan konsumen. Beberapa variable tersebut yaitu Product, Price, Place, Promotion, Participant, Process, People Physical Evisdence.

5. Timing Strategy

Pemilihan suatu timing untuk strategi pemasaran juga sangatlah penting dan jarang suatu perusahaan melupakan hal tesebut. Karena membutuhkan suatu persiapan yang baik dan matang di dalam bidang produksi, dan juga menentukan suatu waktu yang tepat untuk mendistribusikan suatu produk ke pasar.

 

 

Komentar

Postingan Populer