Digital Marketing, Jenis-Jenisnya dan Strategi Marketing
Kalian pasti sering dengar yang Namanya Digital Marketing? Pada dasarnya, Digital Marketing merupakan cara baru untuk mempromosikan suatu barang ataupun produk dari perusahaan.dengan berbasis internet dan media sosial seperti youtube, Instagram, Tiktok ataupun semacamnya. Kalian pasti sering melihat iklan di youtube, tiktok atau Televisi?, atau bahkan kalian pernah melihat artis-artis kesayangan kalian menjadi BA(Brand Ambasador) dari sebuah produk perusahaan? Selain itu, tujuan utama dari Digital Marketing adalah penggunaan teknologi yang merata pada suatu tempat, dan semua orang dapat menggunakan teknologi jaman sekarang.
1. SEO
SEO atau kepanjangannya adalah search engine optimization merupakan
upaya untuk mengoptimalisasi sebuah website agar menjadi daging teratas di
dalam sebuah pencarian Google atau yang lainnya
2.search engine marketing (SEM)
adalah sebuah bentuk pemasaran di internet dengan cara melalui kegiatan
promosi website untuk meningkatkan visibilitas website di halaman dari
hasil-hasil mesin pencari semacam Google,Yahoo,Bing.cara kerja SEM
adalah dengan cara mendorong lebih banyak traffic ke area khusus di
dalam sebuah website yang ingin dijadikan target
3.pay-per-Click(PPC)
sebuah model iklan online di mana pengiklanannya membayar penerbit
setiap kali tautan iklan itu diklik
4.Social Media Marketing(SMM)
pemasaran media sosial adalah sebuah jenis makanan digital yang
prosesnya menggunakan sebuah proses platform digital seperti jaring sosial,blog
dan juga situs web.
Contoh
Strategi Pemasaran
Setelah
melakukan analisis tentang strategi pemasaran, kita juga harus tau
contoh-contoh dari strategi pemasaran. Berikut adalah contoh dari strategi
pemasaran yaitu:
1.Partnership
Partnership
suatu marketing mempunyai suatu sejumlah keuntungan yaitu kalian dapat
berkolaborasi dengan pihak yang lain dengan bidang yang berbeda.
2.berkerja
sama dengan influencer
Jangan
pernah menggangap remeh suatu influencer. Mereka akan memberikan suatu pengaruh
yang amat besar untuk produk atau brand yang kita kontrak mempromosikan
produk-produk kita.
3.Menjaga
Client/pelanggan Lama.
Nah, ini
juga salah satu hal penting untuk strategi pemasaran. Semaksimal mungkin kalian
dapat memanjakan pelanggan lama dengan memberikan pelayanan yang baik dan
lebih. Mereka juga akan melakukan promosi kepada orang-orang terdekat mereka
karena mendapatkan pelayanan yang baik dan memancing pelanggan lain datang
untuk membeli produk kita.
Konsep-konsep
suatu strategi pemasaran:
1.Segmentasi
Pasar
Semua
konsumen pasti mempunyai suatu kebutuhan atau kebiasaan yang berbeda-beda
antara lain. Perusahaan juga harus melakukan penjelasan pasar yang bersifat
lebih kearah heterogeny yang menjadi satu kesatuan yang Bersatu menjadi sifat homogen.
2.Market
Position
Pasti
tidak mungkin ada perusahaan yang bisa menguasai seluruh pemasaran.itulah
menjadi suatu alasan mengapa sebuah perusahaan harus mempunyai pola yang
spesifik agar dapat posisi yang kuat di dakam pasar, yaitu segmen yang harus
paling mengguntungkan untuk sebuah perusahaan.
3. Market
Entry Strategy
Ini
adalah suatu strategi perusahaan agar dapat masuk pada suatu segmen-segmen
pasar tertentu. Beberapa cara-cara yang sudah banyak dilakukan adalah membeli
suatu saham perusahaan lain, Internal Development, Kerja sama antara perusahaan
sendiri dan Perusahaan Lain
4.Marketing
Mix Strategy
Mix
Marketing adalah suatu perkumpulan dari beberapa cabang variable yang sudah
digunakan untuk mempengaruhi suatu tanggapan konsumen. Beberapa variable
tersebut yaitu Product, Price, Place, Promotion, Participant, Process, People
Physical Evisdence.
5. Timing
Strategy
Pemilihan
suatu timing untuk strategi pemasaran juga sangatlah penting dan jarang suatu
perusahaan melupakan hal tesebut. Karena membutuhkan suatu persiapan yang baik
dan matang di dalam bidang produksi, dan juga menentukan suatu waktu yang tepat
untuk mendistribusikan suatu produk ke pasar.
Komentar
Posting Komentar